Minggu, 18 Februari 2018

anjungan informasi rumah sakit

ARTIKEL 11

DIGITAL SIGNAGE UNTUK RUMAH SAKIT

Apakah Pelanggan / Pasien anda telah puas dengan layanan antrian di Rumah Sakit Anda ? Apakah Para Pelanggan / Pasien masih harus berdiri atau merasa bosan karena harus menunggu didepan kasir, tempat pendaftaran atau pelayanan lainnya ? Apakah Pelanggan / Pasien sudah bisa mengetahui no urut panggilan sebelum di panggil sehingga bisa melakukan aktifitas lain tanpa harus cemas no antriannya terlewati ? Jika itu yang terjadi pada Rumah Sakit Anda, maka kami punya solusinya.

Kami dari ANFO Media Informatika Perkenalkan mesin antrian otomatis Digital Signage yaitu sebuah alat khusus untuk sistem antrian yang dilengkapi dengan Layar display atau LCD Monitor untuk menunjukan No antrian, layanan yang harus dituju dan didukung dengan panggilan menggunakan suara secara otomatis sesuai dengan No Antrian yang akan dipanggil. Selain itu Digital Signage Juga dapat digunakan sebagai sarana informasi, edukasi, promosi dan hiburan yang interaktif dan dinamis bagi Rumah Sakit karena dilengkapi dengan software aplikasi Digital Signage.

Dengan antrian otomatis Digital Signage dapat meningkatkan performa pelayanan di Rumah Sakit Anda sehingga pelanggan / Pasien merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan serta dapat meningkatkan kredibilitas Rumah Sakit Anda.
Digital Signage merupakan suatu bentuk layar elektronik yang menampilkan urutan informasi atau pesan dengan menggunakan media display elektronik LCD, TV PLASMA, Proyektor atau Infocus sebagai media output. Pesan atau informasi yang ditampilkan dapat berupa gambar, video, scroll text, chart, grafik yang disajikan secara interaktif dan atraktif. Saat ini trend Digital Signage selain berfungsi sebagai alat antrian otomatis di rumah sakit juga dapat berfungsi sebagai sarana media advertising pengganti media konvensional seperti Poster, Brosur, Papan Reklame, mading dan lain-lain yang bersifat media cetak.

Alat antrian otomatis Digital Signage dilengkapi dengan Conten Management System yang penggunaannya sangat mudah, Rumah Sakit hanya tinggal mengatur konten sebagai bahan materi, memilih template sesuai keinginan, menjadwalkan dan publishing kepada aplikasi pemutar konten atau player dan dapat langsung ditampilkan ke display elektronik seperti LCD, TV PLASMA, Proyektor atau Infocus sebagai media output.

Dengan menggunakan alat antrian otomatis Digital Signage dapat mempermudah pelanggan / Pasien dalam melakukan antrian sehingga menjadi lebih teratur dan memberikan rasa kenyamanan dan kepuasan kepada pelanggan / Pasien sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kredibilitas rumah sakit.

Dalam perkembangannya Digital Signage dikembangkan dan di fungsikan sebagai media advertising Rumah Sakit, ditampilkan dengan desain yang unik sesuai dengan style dan sense dari rumah sakit tersebut, media yang digunakan bisa berupa KIOSK Touchscreen atau LCD TV.
Biasanya Media ini digunakan untuk menampilkan segala hal yang berkaitan dengan pelayanan, media promosi, informasi dan lain lainnya untuk memudahkan customer RS dalam memperoleh informasi tentang RS tersebut serta mengurangi beban dari costumer service di rumah sakit.

Berikut ini adalah informasi yang biasa ditampilkan dalam media promosi Digital Sinage untuk Rumah Sakit :
Visi dan Misi Rumah Sakit
Jumlah dan jenis layanan di Rumah Sakit
Layanan Unggulan Rumah Sakit
Fasilitas Rumah Sakit
Jadwal dokter
Informasi daftar tarif ruangan
Informasi alat canggih rumah sakit
Promosi yang sedang berlangsung di Rumah Sakit
Sarana Advertising bagi rekanan Rumah Sakit
Kampanye yang berkaitan dengan Rumah Sakit
Peta lokasi atau denah ruangan / pelayanan
Penghargaan yang pernah diterima Rumah Sakit
Jenis Akreditasi yang diraih
Kotak Saran / Survei Kepuasan Pelanggan
Video
Running Text
dll

ARTIKEL 12

MANFAAT KIOSK DIGITAL SIGNAGE UNTUK RUMAH SAKIT



Manfaatan Digital Signage bagi rumah sakit sangat banyak seperti bisa di gunakan untuk mesin antrian pasen di rumah sakit dan banyal lagi manffat yang di berikan Digital signage untuk rumah sakit, layar sentuh digital signage dapat dimanfaatkan untuk memberikan hiburan, misalnya dengan permainan interaktif dan membaca majalah atau koran. Di mal, dan area terminal transportasi publik seperti kereta api, pemakaian layar sentuh pada digital signage ada di interactive digital floor directory. Sentuh layar dan petunjuk lokasi toko yang dituju langsung tertera.



Layar sentuh atau touch screen, adalah satu di antara sekian banyak aplikasi yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna digital signage. Sebagai contoh pada pemanfaatan digital signage di rumah sakit sangatlah berarti dan memberikan dampak baik untuk para pasien, pasen bisa terhibur dan bisa mencari dan melihat informasi terbaru yang ingin mereka ketahui,kiosk digital signage layar sentuh pun bisa di pasang dan di tempatkan di ruang tunggu pasien da ruangan yang lainya di rumah sakit,karena itu bisa menghibur dan membuat orang yang ada di rumah sakit tersebut tidak jenuh atau bosan sewaktu menunggu keluarganya yang sedang di rawat.Layar sentuh interaktif menciptakan pengalaman baru yang menyenangkan bagi konsumen. Konsumen senang berada di toko dan bisnis mendapatkan manfaat orang berbelanja.



Fasilitas perawatan kesehatan bisa membingungkan dan tidak dapat diprediksi. Digital Signage di dalam sektor Rumah Sakit merupakan alat penting untuk mendorong peningkatan pengalaman pasien, pengunjung dan staf. Entah itu layar digital untuk mengurangi waktu tunggu yang dirasakan di ruang tunggu atau Kiosk Interaktif untuk menyediakan navigasi di sekitar rumah sakit yang sangat besar, sehingga pengunjung dan pasien yang mengetahui penggunaan papan nama digital secara signifikan meningkatkan keseluruhan pengalaman mereka. 
Pasien yang duduk diruang tunggu, keluarga atau tamu pasien yang menunggu dilobi, dokter atau perawat yang yang berlalu lalang memberikan pelayanan.

Momen seperti itu terus berlanjut sepanjang hari disebuah Rumah Sakit. Disetiap tempat tersebut adalah kesempatan untuk pihak rumah sakit menyampaikan informasi melalui digital signane. Digital signane dapat diletakkan ditempat strategis diseluruh rumah sakit dan diisi dengan informasi yang relevan mengenai kesehatan atau program-program dari rumah sakit.

CARA UNTUK MEMBUAT DIGITAL SIGNAGE RUMAH SAKIT MENJADI NILAI LEBIH :

Digital Signane diruang tunggu                                                                                                                Di setiap jenis pelayanan rumah sakit pasti ada antrian, sehingga pasien harus menunggu diruang tunggu. Membaca koran atau majalah yang disediakan pihak rumah sakit mungkin membosankan bagi pasien, ditambah lagi harus menunggu dalam waktu yang lama.Manajemen rumah sakit dapat mengambil kesempatan pada momen ini untuk menyampaikan informasi penting mengenai kesehatan. Digital signane nantinya akan menyampaikan informasi menarik sehingga sedikit mengurangi tingkat kejenuhan pasien diruang tunggu.


KiosK Touchscreen                                                                                                                                  Rumah Sakit bukan fasilitas kesehatan yang kecil, banyaknya kamar, lorong, ruang pelayanan, poli dan tempat klaim obat menjadi masalah tersendiri yang harus  dihadapai oleh seorang pasien. KiosK sebagai pusat informasi dapat diisi aplikasi seperti penunjuk arah, peta rumah sakit, jadwal dokter dal hal-hal lain yang kiranya dapat mempermudah pasien.

Menginformasikan dan Mempromosikan pelayanan kesehatan melalui Digital Signane
Teknologi Digital Signane tidak hanya menambah pengalaman dan informasi mengenai pelayanan Rumah Sakit untuk pasien, tapi juga dapat digunakan untuk Menginformasikan dan mempromosikan pelayanan kesehatan. Dengan DigitaSignane dapat menampilkan video informatif yang mendidik pengunjung, rumah sakit juga dapat meningkatkan penjualan jasa atau produk tanpa terlihat memaksa.


ARTIKEL 13

FUNGSI MESIN ANTRIAN UNTU RUMAH SAKIT
               Mesin antrian yang di sebut dengan istilah asing Queue System. Yaitu merupakan suatu perangkat mesin antrian yang penting dengan fungsi yang sederhana. Fungsi mesin antrian yaitu untuk mengatur antrian yang telah terjadi akibat semakin banyaknya pasien di suatu Rumah Sakit. Dengan fungsi mesin antrian tersebut di harapkan bisa meningkatkan kinerja pada Rumah Sakit tersebut. Perangkat yang penting, di karenakan fungsi mesin antrian saat ini berada dalam antrian pasien di persilahkan menunggu giliran untuk di panggil. Dan menunggu adalah sebuah hal yang paling membosankan. Oleh sebab itu, mesin antrian sangat di perlukan agar tidak terjadi lagi keluhan dari pasien. Kami juga distributor mesin antrian dari ANFO Media Informatika, melayani di seluruh Indonesia khusunya di Di Bandung

              Mesin antrian adalah sebuah komputer yang telah di lengkapi dengan sistem perangkat lunak antrian, dengan menggunakan sebuah tampilan komputer yang di gantung di dinding. Memfoto penggunanya dengan sebuah kamera digital dan menampilkan foto penggunanya saat di panggil. Suara memanggilnya dengan menggunakan suara wanita maupun suara pria dalam beberapa macam bahasa. Menampilkan nomor antrian dan loket yang akan di tuju di bagian layar / LCD komputer. Menggunakan kartu antrian dengan barcode atau menggunakan mini printer.
Keunggulan menggunakan mesin antrian di Rumah Sakit. Ada 4 keunggulan utama yang bisa secara langsung setelahnya menggunakan mesin antrian:

Sistem automatis
                  Sistem ini bisa di atur menggunakan sistem mesin antrian pasien secara automatis, sehingga pasien tidak perlu lagi untuk berbaris baris atau saling berdesakan untuk mendapatkan layanan daripihak rumah sakit

Keyamanan pasien
                  Dengan menggunakan mesin antrian pasien akan menjadi lebih merasa puas dan lebih merasa lebih nyaman di karenakan pelayanan lebih bisa produktif.

Efisien biaya
             Dengan adanya sistem instalansi yang lebih mudah dan memakai perangkat terjangkau namun memiliki kualitas yang terbaik.Anggarannya biaya untuk mesin antrian jadi lebih bisa di tekan seminim mungkin.
Management Rumah Sakit
             Dengan adanya fasilitas monitoring dan reporting bisa lebih mempermudah pengolahan atau manajemen sebuah Rumah sakit, pelayanan, dan lembaga dalam meningkatkan kinerja pelayanan.
Mesin antrian ini juga di lengkapi dengan berbagai macam software, berikut akan kami tunjukan beberapa software mesin antrian:

Software antrian server                                                                                                                                          Ini terpasang pada perangkat pengendali sistem dengan keseluruhan. Juga di lengkapi dengan berbagai macam menu pengaturan yang di sesuiakan dengan kebutuhanRumah sakit. Software mesin antrian server ini dapat di sebut 2 jenis. Server lokal dan server pusat. Server lokal, perangkat mesin antrian yang hanya di gunakan pada 1 saja. Server ini di pergunakan untuk mengumpulkan data dari semua sever lokal. Umumnya data yang di minta yaitu berupa jumlah pasien, kecepatan pelayanan petugas, dan waktu tunggu pelayanan. Data yang sudah ada bisa di aplikasikan menjadi berupa grafik. Selain itu, jika memakai server pusat maka manajemen pusat bisa mentransfer data, biasanya adalah data multimedia ke setiap cabang untuk di pergunakan dalam keperluan promosi. Dan hal ini sangat membantu terutama karena di lakukan secara rutin.
Software klien. Ini terpasang pada setiap komputer petugas yang sedang melayani pasien secara langsung. Terdapat menu menu recall, call, transfer, nomor antrian yang sedang di layani, status istirahat, sisa nomor antrian, selesai di layani, dan beberapa data lain bisa di tampilkan di tanyangkan di layani ini. Kecepatan pada tiap tiap petugas bisa di kirimkan melalui server sehingga kinerja bisa lebih di ukur.


ARTIKEL 14

FUNGSI RUNNING TEXT DI RUMAH SAKIT

            Era globalisasi yang serba modern dan canggih saat ini memberikan dampak positif di berbagai sektor kehidupan manusia. Salah satu dampak positif dari kemajuan zaman tersebut ialah perkembangan di sektor teknologinya. Perkembangan teknologi sekarang ini dapat dibilang sangatlah pesat. Hal ini dibuktikan dari hadirnya Running Text dalam berbagai varian. Running Text ini sering kita jumpai di rumah sakit atau tempat yang lainnya. Running Text itu sendiri adalah salah satu media elektronik berupa papan yang berisi lampu-lampu LED.
          Deretan lampu LED tersebut diprogram untuk menyala secara bergantian dan membentuk karakter angka, huruf, tanda baca, maupun tulisan. Dengan begitu, Running Text ini memberikan kesan tulisan yang berjalan. Dalam pengembangannya, tampilan Running Text kini tak hanya hadir dengan rangkaian tulisan berjalan saja, melainkan juga dapat menampilkan gambar ataupun logo. Untuk info lebih jelasnya, simak saja ulasan lengkap mengenai Running Text berikut ini.

Fungsi Running Text Di Rumah  Sakit

            Menggunakan Running Text  di rumah sakit adalah pilihan terbaik di zaman serba canggih seperti sekarang ini, Running Text bisa d pasang untuk pemberitahuan    dan untuk  menamai ruang-ruangan yang ada di rumah sakit,jadi kalau menggunakan running text anda tidak harus susah-susah bikin tulisan secara manual lagi untuk  ruangan-ruangan di rumah sakit karena running text di pasilitasi alat-alat yang canggih anda bisa langsung menulis di komputer.Running text juga sering disebut dengan sebutan Moving Sign. Running Text tersedia dalam berbagai varian, seperti halnya Running Text outdoor dan indoor. Harga Running Text outdoor maupun indoor tersebut tergantung pada model serta ukurannya. Adapun fungsi dari Running Text tersebut ialah sebagai berikut.

1. Pusat Informasi
                      Running Text dapat digunakan untuk memajang suatu informasi. Dengan tampilannya yang unik dan indah, Running Text akan sangat mencuri perhatian banyak orang untuk melihat dan membaca informasi di dalamnya. Dengan adanya Running Text ini, anda tentunya akan lebih menghemat biaya untuk mencetak baliho ataupun spanduk jika ada informasi baru. Running Text ini dapat anda program kembali untuk menuliskan apa saja yang anda ingin sampaikan. Anda dapat mengubah informasi pada Running Text tersebut melalui laptop, PC, dan juga remote.

2. Peringatan
Selain sebagai pusat informasi, Running Text juga berfungsi sebagai peringatan. Anda dapat menggunakan Running Text tersebut untuk memperingatkan orang di tempat-tempat yang memerlukan perhatian khusus, seperti jalan bebas hambatan. Dalam kondisi yang satu ini, anda sebaiknya memilih Running Text yang berukuran besar.
3. Promosi
              Tak hanya berfungsi sebagai pusat informasi dan peringatan, Running Text ternyata juga dapat digunakan sebagai ajang promosi. Hal ini dikarenakan Running Text mempunyai daya visual yang sangat menarik sehingga mampu menarik perhatian orang yang melewatinya, tak terkecuali dengan customers. Ketika customer membacanya inilah yang menjadi kesempatan pemilik usaha untuk melakukan pendekatan secara personal dan menjajakan usahanya. Running Text memang sarana pengiklanan yang baik.

4. Penunjuk Waktu
              Running Text memiliki fasilitas khusus untuk mengatur waktu yang menggunakan RTC (Real Time Clock). Dengan adanya fasilitas tersebut, Running Text dapat digunakan untuk menampilkan detik, menit, jam, hari, tanggal, dan juga tahun. Untuk menyesuaikannya, anda dapat melakukannya melalui media komputer atau remote. Meskipun dimatikan, LED Running Text tersebut tidak akan berubah yang berarti data akan tersimpan di dalam memori. Untuk perihal warnanya, anda dapat memilih warna yang anda sukai. Running Text hadir membawa banyak varian warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun warna yang tersedia diantaranya yaitu hijau, merah, biru, kuning, dan putih khusus untuk warna LED.

      Demikianlah pengertian dan fungsi Running Text yang perlu untuk anda ketahui. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda yang mencari info lengkap mengenai Running Text. Jika anda membutuhkan running text untuk di Rumah Sakit anda, Anfo Media Informatika jual running text, hubungi kami!


ARTIKEL 15
Fungsi Digital Signage Di Rumah Sakit

Banyak orang Indonesia mungkin kurang mengenal fungsi digital signage di suatu intansi contohnya di Rumah Sakit, digital signage sangat berpungi di Rumah sakit salah satunya bisa perpugsiuntuk menampilkan gambar pelayanan da pengobtan di Rumah sakit tersebut supaya pasien tersebut bisa tertarik untuk berobat di rumah sakit anda. hal inilah yang menyebabkan laju pertumbuhan pemakai digital signage di Indonesia masih lamban dibandingkan di Eropa dan Amerika. Disana digital signage digunakan hampir di semua tempat bisnis, pusat keramaian dan tempat hiburan seperti mall.

Apa sih Digital Signage?
Digital Signage adalah sebuah bentuk penyampaian informasi melalui media display elektronik (dinamis). Dengan menggunakan teknologi LCD, plasma, atau LED yang semakin hari semakin canggih dan terjangkau, ditambah dengan kemudahan pemakaian, membuat Digital Signage menjadi tren penyampaian informasi di berbagai belahan dunia. Baik digunakan sekadar menyampaikan informasi satu arah (pemberi informasi ke masyarakat) ataupun informasi dua arah (pemberi informasi ke dan dari masyarakat) dengan memanfaatkan teknologi interaktif
Dibandingkan media konvensional, digital signage membawa beberapa manfaat, antara lain menghemat biaya cetak dan produksi, tampilan yang eye catching atau atraktif mampu menarik perhatian lebih banyak orang, lebih mudah dan cepat mengupdate konten visual, dapat diubah secara real time, dan masih banyak lagi.


Saat ini di Indonesia banyak Rumah Sakit atau retailer maupun toko besar yang mulai menggunakan media digital namun hanya menampilkan video foto atau acara tv. Dengan menggunakan Digital Signage maka Anda dapat menampilkan semua informasi yang ingin Anda tampilkan lebih efektif.
Digital Signage pun dapat diolah menjadi mesin pengiklan efektif yang dapat meningkatkan Rumah Sakit anda bisa lebih terkenaql dan banyak pasien yantg ingin berobat  di Rumah Sakit anda. Coba saja perhatikan contoh-contoh disital signage milik ANFO  Media Informatika di link berikut ini.

Fungsi Digital Signage
Digital signage digunakan untuk berbagai tujuan aplikasi, yang paling umum digunakan dalam Digital Signage adalah:

1. Rumah Sakit. Menampilkancara pelayan dan pengobatan secara efisien dan efektif.
2. Bandara, stasiun transportasi publik. Memberi informasi yang up-to-date mengenai jadwal kedatangan atau keberangkatan, space iklan yang disewakan
3. Tempat hiburan. Meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengunjung melalui suasana yang ditimbulkan, semisal digunakan untuk menampilkan konten kualitas tinggi (HD).
4. Gedung perkantoran. Menampilkan daftar tenan, teks berjalan, berita, cuaca, dan iklan.
5. Gedung komersial. Menampilkan iklan produk, lokasi tenan, peta lokasi, TVC, Saluran TV.
6. Hotel & Restoran. Menampilkan promosi diskon, daftar acara, atau jumlah kamar.

Sebagai teknologi, digital signage digunakan untuk layar pada industri transportasi, tempat hiburan, rumah sakit, dan Instansi Pemerintah dan perusahaan. Banyak restoran juga menggunakan perangkat lunak digital signage sebagai
papan menu digital (digital menu board). Dalam komunitas periklanan, digital signage sering disebut sebagai digital out-of-home advertising (rumah iklan) dan telah membantu banyak perusahaan ritel dalam membangun brand atau merek dan mempromosikan produk langsung pada titik-penjualan (point of sales).

Digital Signage

 Kiosk
Kiosk, adalah media pengganti dari poster atau pun banner yang banyak dipakai sebagai media promosi interactive dan juga sebagai media informasi, baik itu petunjuk arah, informasi promosi, valuta asing, dll.



Media Player
Digital Signage Player, berfungsi sebagai alat untuk menampilkan berbagai macam konten gambar maupun video dan dapat dibuatkan pilihan jadwal tampil sesuai keinginan, baik online maupun offline.


Untuk Lebih Lanjutnya Hubungi Saya: 085871767660






0 komentar:

Posting Komentar